Tips dan Trik Cara Membersihkan Layar Laptop atau LCD

Tips dan Trik Cara Membersihkan Layar Laptop atau LCD - Sangatlah penting untuk kita mengetahui cara membersihkan layar laptop atau LCD yang benar, karena ia adalah salah satu komponen paling mahal dan juga penting dari sebuah notebook atau komputer desktop. Layar laptop atau LCD sangatlah sensitif terhadap debu, sidik jari, dan bahkan pada saat Anda batuk atau bersin tanpa menutupi mulut dan hidung. Lalu bagaimana cara membersihkan layar laptop atau LCD tanpa harus membeli segala macam Cleaner LCD yang mahal? Berikut adalah beberapa metode yang tepat dalam membersihkan layar laptop atau LCD yang merupakan tindakan pencegahan dari efek kerusakan yang diakibatkan oleh salahnya dalam cara pembersihan.


Pertama

Layar LCD adalah benda yang sangat sensitive seperti kulit lembut dan halus pada bayi. Jadi, hindari tekanan sedikit pun pada layar komputer dengan tangan Anda.

Kedua
Gunakan sepotong kain yang lembut, atau saputangan katun bekas pun tidak masalah. Tetapi jangan mencoba memakai kertas tisu gulungan toilet atau bahkan handuk mandi karena akan menggores layar LCD Anda secara permanen.

Ketiga

Matikanlah layar LCD untuk melihat seberapa kotor LCD Anda, gunakan pencahayaan yang cukup.

Keempat

Siapkan bahan untuk membersihkan layar laptop atau LCD anda selain kain untuk mengelap, Anda akan memerlukan air suling dan cuka/iso-propil alkohol. Jangan menggunakan air keran atau air mineral yang dapat meninggalkan bekas putih di layar karena larutan mineral di dalamnya bisa merusak layar laptop anda.

Kelima

Campurkan cuka dengan air suling ( 1: 1 ) dan semprotkan cairan ini pada kain lap. Jangan sekali-kali Anda menyemprotkan cairan langsung ke layar LCD. Basahi kain dengan larutan tersebut secukupnya dan gosok layar LCD dengan lembut dalam satu arah (kiri  kanan atau atas bawah atau sebaliknya). Pastikan layar LCD kering sebelum menutupnya atau memakainya.

Apa yang tidak diperbolehkan saat sedang membersihkan layar laptop?

• Jangan sekali-kali menyemprotkan secara langsung cairan pembersih ke layar

Ketika kita menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke layar laptop karena dapat sangat berbahaya. Monitor layar datar LED/LCD/ HDTV  atau plasma laptop terbuat dari lapisan bahan kaca, plastik, array elemen, perekat, tampilan yang sangat tipis dan halus. Jika anda memakai cairan pembersih, dan cairan tersebut sampo mencapai tepi layar maka cairan tersebut akan mudah masuk ke dalam layar. Walaupun pada akhirnya cairan itu dapat menguap, namun sisa dari kerusakan tersebut tetap tidak dapat dihindarkan.

• Jangan menggunakan cairan pembersih berbahan amonia atau alkohol

Menggunakan cairan yang digunakan untuk membersih kaca yang banyak mengandung anomia dan alkohol untuk membersihkan layar dapat berpotensi dapat merusak lapisan pada anti reflective layar laptop anda. Hal ini akan menyebabkan layar menjadi terlihat lebih kabur serta kehilangan ketajamannya. Dan yang lebih parahnya, dapat membuat layar menjadi rusak total.

• Jangan menggunakan kain pembersih yang kasar atau kertas tissue

Penggunaan tissu yang bertekstur kasar atau kain yang juga kasar dapat dengan mudah menyebabkan atau menimbulkan goresan di permukaan layar laptop anda. Pada umumnya lap atau kain dibuat untuk menghilangkan atau membersihkan kotoran yang berukuran besar atau kasar, bukan debu halus pada permukaan layar laptop. Bila kita memaksa menggunakan lap, yang akan terjadi justru muncul goresan dan juga sisa kain atau tissue tersebut menempel di layar laptop.

Jika anda mengingat semua hal cara membersihkan layar LCD laptop di atas, maka anda dapat menyelamatkan dan memakainya dalam waktu yang lebih lama dengan performa yang lebih maksimal.
loading...

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.