Penyebab & Tips Mengatasi Komputer Lambat/Lemot

Komputer Lambat

Komputer lambat memang sering kali membuat jengkel penggunanya. Komputer lemot dapat menghambat pekerjaan. Perlu Anda ketahui penyebab komputer lambat/lemot bisa karena 2 faktor, yakni masalah hardware maupun software.

Masalah software mungkin juga bisa karena banyaknya program yang terinstall di komputer Anda. Untuk cara mengatasinya sangatlah mudah. Anda hanya harus pergi ke 'Control Panel Windows', lalu ke 'Programs and Features' dan pilih program yang tidak sangat perlu untuk di hapus/uninstall.

CCleaner

Selain itu faktor software lainnya ialah banyaknya temporary files yang ada pada windows. Temporary files yang dimaksud ialah file hasil browsing atau akses internet yang secara otomatis komputer akan menyimpan beberapa data yang "tidak penting" ke folder temporary di windows. Cara mengatasinya ialah dengan menggunakan software freeware, CCleaner. Anda bisa mendownloadnya secara gratis disini (Selengkapnya: CCleaner, Software Pembersih PC Windows Terbaik).

Download Microsoft Security Essentials Terbaru

Download Avira Terbaru

Penyebab lainnya ialah karena adanya virus yang terjangkit di komputer Anda. Solusinya ialah menggunakan antivirus yang berkualitas dan terjamin kinerjanya. Anda bisa menggunakan antivirus gratis seperti Microsoft Security Essentials atau Avira Free Antivirus.

Oke, untuk masalah hardware sepertinya bisa Anda lakukan pertama kali ialah membersihkan CPU komputer/laptop Anda. Banyaknya debu yang menempel dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda. Selain itu, komputer lambat juga bisa karena hardisk yang bermasalah. Bisa itu karena hardisk low space, error/bad sector, dll. (Selengkapnya: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector).

Spesifikasi komputer yang kurang memumpuni juga faktor utama dari permasalahan ini. Perlu diperhatikan untuk menjalankan program/aplikasi yang bagus membutuhkan spek hardware yang cukup untuk menjalankannya. Jika perlu Anda bisa mengupgrade hardware seperti RAM, Harddisk dan VGA Card (Grafis) pada komputer Anda. Selain itu, processor yang sudah terlalu jadul juga bisa sangat berpengaruh. Mungkin masalah ini Anda perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Komputer yang lambat dan lemot juga bisa karena hardware yang kepanasan(overheat). Untuk mengatasinya Anda bisa baca artikel H&S disini (Selengkapnya: Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri).

Kesimpulan: Solusi ampuh mengatasi komputer lemot/lambat ialah dengan mengupgrade hardware komputer Anda. Selain itu, Anda bisa mencoba mengurangi masalah komputer lemot juga dengan menambahkan beberapa software bermanfaat seperti, CCleaner yang dapat membersihkan file tidak berguna di windows Anda.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi komputer yang lambat/lemot. semoga bisa bermanfaat.
loading...

2 comments

makasih tips nya gan, semoga cara ini bisa membantu :

http://www.sagacyber.us/2014/10/10-cara-ampuh-mengatasi-komputer-yang-lemot.html

nice info gan..
visit back gan 8 cara mengatasi kommputer lemot
http://lapkomputer.blogspot.co.id/2015/12/8-penyebab-dan-cara-mengatasi-komputer.html

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.