Tips Mengatasi Pesan Reboot and Select Proper Boot Device

Pesan Reboot and Select Proper Boot Device
Mengalami masalah yang sama ? ketika komputer baru dinyalakan dan layar monitor hitam blank dan bermunculan pesan "Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device press a key". Masalah seperti itu juga banyak dialami pengguna komputer lainnya. Yang pertama harus Anda lakukan ialah meng-diagnosa masalah awal.

Berikut beberapa tips untuk mengatasinya :
  1. Buka casing pada komputer dan bersihkan debu yang ada didalamnya. Debu yang menempel pada perangkat didalam komputer juga dapat mempengaruhi.
  2. Periksa kabel yang terpasang pada power supply dan harddisk. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak longgar.
  3. Selain periksa kabel, jika sebelumnya harddisk Anda dilepas pasang. Ini juga dapat mempengaruhi. Pastikan harddisk tidak terbentur atau terkena air (tetesan air).
  4. Periksa kabel untuk master dan slave pada harddisk. Jika Anda menggunakan 2 harddisk yang berbeda-beda ukurannya. Pastikan harddisk yang berisi file windows terpasang pada kabel master. Dan untuk harddisk yang berisi file data dipasang dengan kabel slave.
  5. Jika usaha tersebut masih tidak membuahkan hasil. Dan masih terdapat pesan yang menjengkelkan seperti itu. Restart komputer Anda, dan masuk ke bios dengan menekan tombol untuk masuk ke bios. Setiap motherboard memiliki tombol yang berbeda-beda untu kmasuk ke bios. Biasanya untuk masuk ke bios menekan tombol delete.
  6. Setting default atau menekan tombol F9 lalu keluar dan simpan dengan menekan tombol F10. Jika masih tidak bisa juga, masuk ke bios dan masuk ke konfigurasi CMOS atau harddisk. Pastikan set boot 1 pada harddisk yang berisi file windows berada pada posisi master.
  7. Jika masih tidak bisa juga, coba ganti kabel yang terpasang pada harddisk dengan yang baru.
  8. Pastikan kabel yang dari powersupply terpasang pada harddisk dengan benar atau coba ganti dengan yang baru.
Setelah berhasil meng-diagnosa masalah awal namun belum berhasil. Ada kemungkinan file windows yang ada pada harddisk bermasalah atau rusak, sehingga booting tidak normal.

Oke untuk langkah terakhir jika masih gagal juga ialah install ulang windows dan format semua file yang ada. Ini memerlukan ketabahan Anda sebagai pengguna yang akan kehilangan semua filenya didalam harddisk. Oke sebelum install ulang windows. Pastikan bahwa harddisk Anda terdeteksi. Setelah itu, siapkan CD windows. Dan setting bios untuk set boot 1nya pada DVD room. Save dan lakukan install ulang seperti biasa.
loading...

22 comments

AKU mau tanya gan......knpa mouse dan keyboard saya tidak bisa berfungsi pada hal masi bagus..tolong infonya gan...trimakasih

bila tertulis no bootable device bagaiman memperbaiki nya..

bagaimana bila tertulis no bootable device..

mkasih gan ,,, postingan reboot-and-select-proper-boot-device , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

Yuuup Mantaaaab...Thanks

Alhamdullah sangat membantu sekali. Semalam sata ikuti yg tertulis di atas..dan akhirnya pc saya bisa normal lagi... makasih ya gan...

Makasih gan.. Infonya ngebantu bangett 👍

Hadeh... brarti gw harus instal ulng dong... mana game byk bgt lagi... T_T

Kalo ane gini gan waktu komputernya lagi nyala tiba tiba restart sendiri terus muncul pesan kayak gitu. Langsung ane restart lagi kayak biasa lagi. Tapi tiba tiba mati lagi

Mantap !!!!!!
Masukan n Pangetahuan yg Sangat Berharga Bagi Sya.
Makasih !!!

terimakasih banyak gan.... sangant membantu saya

rencana pc saya mau saya install ulang ke w 10 ,awalnya w 7 .tapi waktu pemlihan partition tuba tiba keluar sendiri . pas saya nyalain keluar reboot and select proper boot device or insert boo media in selected device and press a key .. tolong gan bantuanya .

Biasanya komponen kabelnya yg kurang baik,klo gw biasanya cabut semua kabel komponent pc.bongkar bersihin klo bisa dicatet dlu atau dipoto pake hp.biar gampang di inget.trus pasangnlagi

Format dulu HD-nya, mas.

sehabis clonning malah muncul gini , udah di coba cara yg di atas masih aja ga bisa , itu kenapa ? ada saran ??

THANK BRO,,artikelnya sangat membantu :).

Jika hdd terbaca tp muncul reboot and select proper boot device, bagaimana memperbaikinya

kenapa komputer menyala muncul lagi press any key

PC wimdows 7 saya frezee di starting windows lalu terestart sendiri kemudian keluar blank dan pesan "reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device press a key" kira-kira kerusakannya apa?

Makasih gan sangat bermampaat,berhasil sukses selalu gan

Thanks you atas info nya broooo. Biar lebih banyak lg ilmunya bro

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.