Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

Kini USB flashdisk sudah memiliki peran yang sangat penting dalam keseharian saat anda bekerja, sekolah atau pun kuliah. Karena dengan adanya flashdisk ini maka akan memudahkan anda melakukan pemindahan data. Namun kadang kala ada beberapa masalah yang bisa saja muncul dan suka mengganggu proses pemindahan seperti adanya virus yang terdapat di flashdisk, flashdisk tidak terbaca sampai flashdisk hanya bisa membaca file namun tidak bisa digunakan menyimpan file baru atau yang sering disebut flashdisk write protected. Ini disebabkan karena pada saat melepaskan flashdisk tidak menggunakan prosedur yang benar. Oleh karena itu, kami akan membahas tentang Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected. Bagi anda yang belum tahu, mari disimak.

Low Level Format

Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected


Ada beberapa cara memperbaiki USB flashdisk Write Protected anda, diantaranya dengan menggunakan fungsi regedit dan dengan menggunakan aplikasi low level format. Untuk lebih jelas, mari disimak di bawah ini :

A. Fungsi regedit
Tahapan yang harus dilewati ketika memperbaiki USB flashdisk dengan menggunakan fungsi regedit, yaitu:
1. Masukkan flashdisk ke Laptop anda
2. Ketika flashdisk telah terdeteksi, tekan “Windows + R”
3. Ketiklah tulisan REGEDIT di kolom RUN tersebut kemudian tekan enter
4. Maka akan terbuka halaman aplikasi Registry Editor. Lalu tekanlah CTRL+F, masukkan di kolom pencarian “Write Protected” lalu klik OK
5. Hapus “Registry”
6. Setelah terhapus. Restart-lah laptop anda. Jika berhasil flashdisk anda akan bisa digunakan kembali

Beberapa kasus ada yang berhasil dan ada yang tidak. Apabila cara diatas tidak berhasil, anda bisa menggunakan cara yang kedua.

B. Aplikasi Low Level Format


Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut : Masukkan flashdisk write protected ke laptop anda, selanjutnya download aplikasi tersebut dengan menggunakan versi portabel dengan ukuran 1.95MB lalu Klik “Continue For Free” > Pilih flashdisk yang akan anda format . Setelah itu Akan terlihat peringatan pada layar laptop anda, pada saat itu anda sedang berada di bagian tab “Device Detail”. Lalu klik tab “Low Level Format” lalu cara terakhir yaitu klik “format this device” yang berada di sudut kanan bawah.



Aplikasi Low Level Format

Setelah anda meng-klik tombol Format This Device maka proses format akan segera berjalan. Untuk memformat ini membutuhkan waktu cukup lama. Setelah selesai flashdisk anda akan bersih kembali seperti baru lagi.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki USB flashdisk Write Protected. Semoga flashdisk anda kembali bersih dan anda bisa dengan mudah menggunakannya. Perhatikan cara penggunaannya, jangan langsung melepas flashdisk anda sebelum anda eject terlebih dahulu. Karena pencabutan flashdisk secara mendadak dapat menyebabkan flashdisk anda mengalami write protected. Selamat mencoba semoga berhasil.
loading...

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.