Perbedaan Hardware dan Software

Hardware & Software
Handsware atau H&S merupakan kepanjangan dari Hardware dan Software. Apasih perbedaan dari keduanya ? Perbedaan Hardware dan Software sangatlah jauh walau sama-sama berhubungan dengan komputer. Berikut ini merupakan pengertian hardware dan software.

Hardware (Perangkat Keras) merupakan bagian fisik/benda atau komponen komputer yang bersifat nyata/dapat disentuh/dapat dilihat secara langsung.

Hardware atau perangkat keras memiliki 4 jenis yaitu :
  1. Perangkat masukan (Input).
  2. Perangkat input memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer yang akan diproses oleh perangkat pengolah data. Contoh perangkat masukan/input seperti mouse, keyboard, scanner, joystick, webcam, dsb.
  3. Perangkat keluaran (Output).
  4. Perangkat output memiliki fungsi untuk menampilkan data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video melalui perangkat seperti monitor, speaker, printer, dsb.
  5. Perangkat penyimpanan (Storage).
  6. Perangkat ini memiliki fungsi untuk menyimpan data seperti, data gambar, dokumen, foto, dll. Contoh perangkat storage adalah flashdisk, hardisk, dsb.
  7. Perangkat jaringan (Networking).
  8. Perangkat jaringan ini memiliki fungsi untuk menyambungkan koneksi internet baik melalui LAN (kartu network) atau modem.
Berikut ini merupakan macam-macam hardware (perangkat keras) :
  1. Mouse
  2. Mouse
    Alat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Alat ini berfungsi sebagai penunjuk yang berbentuk seperti ekor tikus.
  3. Keyboard
  4. Keyboard
    Alat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer yang terdiri atas rangkaian huruf, angka dan tombol lainnya.
  5. Scanner
  6. Scanner
    Alat yang digunakan untuk memindai suatu objek dalam bentuk dokumen atau foto. Hasil pemindaian tersebut akan dikirimkan ke perangkat pengolah data yang akan ditampilkan melalui monitor/layar.
  7. Joystick
  8. Joystick
    Alat yang digunakan untuk memasukan data/perintah kedalam komputer dalam bentuk tuas yang biasnya digunakan juga sebagai pelengkap untuk memainkan video game.
  9. Webcam
  10. Webcam
    Alat untuk memasukan data berupa gambar melalui kamera yang langsung terhubung ke perangkat jaringan (internet). Output Output
  11. Monitor
  12. Monitor
    Alat keluaran yang digunakan untuk menampilkan gambar
  13. Speaker
  14. Speaker
    Alat keluaran yang digunakan untuk menghasilkan/mengeluarkan suara seperti musik, dsb.
  15. Printer
  16. Printer
    Alat keluaran yang digunakan untuk menghasilkan gambar atau teks dalam bentuk kertas Storage Storage
  17. Flashdisk
  18. Flashdisk
    Alat penyimpanan yang bersifat portable.
  19. Hardisk
  20. Hardisk
    Alat penyimpanan yang biasanya terletak didalam CPU komputer. Networking
  21. LAN (Kartu Network)
  22. Lan Card
    Alat yang digunakan sebagai jembatan penghubung dari sebuah komputer ke jaringan komputer.
  23. Modem
  24. Modem
    Alat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet.

Software (Perangkat Lunak) merupakan program komputer yang sifatnya tidak nyata/tidak dapat disentuh/tidak dapat dilihat secara langsung. Software memberikan instruksi kepada unit pengolah data (processor) agar komputer dapat berjalan. Perangkat lunak juga merupakan jembatan penghubung interaksi antara pengguna dan hardware komputer.

Software dibagi menjadi 3 macam, yakni :
  1. Sistem Operasi
  2. Sistem oprerasi ialah sistem yang sudah mulai bekerja pada saat komputer dinyalakan. Contoh sistem operasi (OS) seperti, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Linux, Mac, dll.
  3. Program Utilitas
  4. Program utilitas (Utility Tools) merupakan alat bantu sistem opresi yang dapat meningkatkan kinerja komputer. Contohnya seperti, aplikasi pemindai kerusakan, defragmenter, dsb.
  5. Program Aplikasi
  6. Program aplikasi ini merupakan alat bantu untuk melakukan berbagai bentuk pekerjaan yang memudahkan pengguna. Contohnya seperti program pengolah kata, angka, dsb.
Itulah beberapa penjelasan terkait hardware (perangkat keras) maupun juga software (perangkat lunak). Kesimpulannya adalah hardware merupakan bagian fisik sedangkan software bagian sistem yang menjalankanya yang dibantu juga dengan unit pengolah data.

Semoga bermanfaat.
loading...

3 comments

mantapppp.
berguna bagi yg blm tau handsware dan software

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.