Trik Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Booting

Trik Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Booting. Banyak sekali masalah yang kerap dialami pada sebuah komputer. Masalah-masalah pada komputer terkadang membuat pemiliknya kewalahan dan merasa kuatir. Pemilik beranggapan bahwa kesalahan tersebut adalah disebabkan oleh kebiasaan yang salah selama ini sehingga menyebabkan komputer menjadi rusak.

Salah satu masalah pada komputer adalah komputer tidak bisa booting dan ini biasanya menyebabkan komputer tampil dengan pesan error, komputer mengalami bluescreen dan komputer booting namun restart lagi. Apabila anda kerap mengalami masalah ini maka ada beberapa trik memperbaiki komputer yang tidak bisa booting yang harus anda ketahui.

Trik memperbaiki komputer yang tidak bisa booting

Trik Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Booting


Karena masalah tidak bisa booting ini kaitannya sangat banyak maka ada beberapa trik dalam mengatasinya sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Masalah tidak bisa booting karena hardisk tidak terdeteksi


Masalah pertama adalah komputer bisa booting disebabkan oleh hardisk yang tidak terdeteksi. Hal ini biasanya diikuti denga munculnya pesan Disk Boot failure. Nah ada beberapa solusi yang dapat dilakukan misalnya dengan mengecek kondisi kabel IDE atau SATA pada Hardisk dan pastikan bahwa kabel telah terpasanga dengan benar. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa hardisk telah terdeteksi di BIOS caranya dengan mendetect satu persatu. Baca juga: Tips Mengatasi Pesan Reboot and Select Proper Boot Device.

Masalah tidak bisa booting karena masalah memori dan VGA Card

Hal ini biasanya ditandai dengan terdengarnya bunyi seperti beep yang terjadi secara berulang-ulang kemudian diikuti dengan tampilan monitor yang tidak bisa keluar. Jika anda ingin mengatasi masalah ini cobalah lepas Memory atau VGA Card lalu bersihkan pin nya dan kemudian pasangkan kembali secara benar. Namun apabila masih terdengar bunyi beep maka gantilah memori atau VGA Card tersebut di komputer lain.

Masalah komputer tidak bisa booting dan mati total

Nah untuk masalah satu ini adalah masalah yang cukup parah karena tampilan akan mati total dan tidak ada suara sama sekali. Nah cara mengeceknya adalah dengan mengecek arus listrik dan periksalah kondisi power supply computer anda. pastikan bahwa kabel-kabel tersebut sudah dipasang dengan sesuai dan kencang serta arus listriknya ada dan sesuai.

Masalah komputer tidak bisa booting karena masalah pada BIOS

Laptop tidak bisa booting karena masalah pada BIOS adalah masalah selanjutnya yang kerap dialami oleh banyak orang. Hal ini juga dapat menyebabkan komputer menjadi blank dan mati total sehingga hal ini dapat diatasi dengan cara mereset BIOS. Cara melihatnya adalah jika kipas Processor menyala namun komputer masih belum menyala maka kemungkina ini ada yang salah pada BIOS motherboad atau mungkin motherboardnya memang telah rusak.

Itulah beberapa trik memperbaiki komputer yang tidak bisa booting. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat dan membantu.
loading...

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang dibahas dan dilarang spam. Mohon dibaca juga kebijakan penggunaan pada blog kami.